Mengenal Penyebab Anak Pemalu dan Cara Mengatasinya

Admin
Mengenal-Penyebab-Anak-Pemalu-dan-Cara-Mengatasinya


Ahmadmarogi.com - Dalam perkembangan interaksi seorang anak dengan lingkungan sekitar. Tentu memiliki tahap yang berbeda-beda.


Ada seorang anak yang mudah sekali bergaul dengan lingkungan sekitar, ada yang perlu waktu untuk bisa bergaul, dan ada juga yang sama sekali tidak bisa bergaul.


Biasanya, ketika anak sulit untuk bisa bergaul dengan lingkungan sekitar. Terutama anak yang suka bersembunyi ketika berkenalan dengan orang lain. Anak ini bisa dikatagorikan sebagai anak yang pemalu.


Sifat Malu atau menjadi pemalu ini biasanya terjadi tidak dengan sendirinya. Banyak faktor yang biasanya menyebabkan sang anak menjadi seorang yang pemalu dan susah untuk berinteraksi.


Seperti contohnya ia tidak memiliki kepercayaan diri sehingga ia menjadi pemalu dan banyak lagi faktor lainnya. Jika ini terus dibiarkan. Tentu saat ia beranjak dewasa nanti, sifat ini tidak bisa dihilangkan dan bisa berbahaya karena ia akan tidak memiliki teman karena sifat pemalu ini.


Nah, untuk itu penanggulangannya haruslah sedini mungkin, agar sang anak pun bisa tumbuh dan menjadi seseorang yang tidak pemalu dan mudah bergaul dengan lingkungannya. Nah berikut kami berikan tips - tipsnya.


Mengenali Penyebab Anak Pemalu dan Cara Mengatasinya


1. Salah Pola Asuh

Penyebab pertama bisa jadi adalah karena salah asuh yang dilakukan orang tua untuk anaknya. Kita ambil contoh saja adalah memanjakan anak.


Ketika anak sering dimanjakan oleh orang tua. Saat sang anak tidak berada disamping orang tua, biasanya mereka akan susah untuk berinteraksi karena ia akan merasa kesepian dan kehilangan karena tidak ada pegangan orang tua mereka. dan mereka pun tidak akan berusaha untuk mendekati lingkungannya.


Lain hal dengan anak yang biasa tidak dimanjakan orang tuanya. Anak seperti ini akan lebih mudah berinteraksi karena mereka akan mencari kesenangannya sendiri tanpa harus ada orang tua disamping mereka.


Agar anak Anda tidak menjadi pemalu. Anda haruslah mengubah pola asuh kepada anak. Memanjakan itu tidak masalah, tapi jangan berlebihan.


Mengenal-Penyebab-Anak-Pemalu-dan-Cara-Mengatasinya


2. Pengalaman Buruk

Kemungkinan anak menjadi pemalu karena pengalaman buruk tentu bisa saja terjadi. Dari pengalaman buruk ini, ia pun memiliki pola pikir yang berimbas kepada perilakunya.


Kita ambil contoh, ketika sang anak sedang mengikuti lomba di sekolah dan ia sedang ingin perform. Jika sang anak memiliki ketakutan karena saat itu ia menjadi sorotan banyak orang. Ini yang bisa menjadikannya pemalu.


Karena rasa kurang percaya diri ini. Akhirnya anak pun jadi tidak mau lagi untuk mengikuti lomba karena malu menjadi pusat perhatian orang.


Cara mengatasi anak yang mengalami pengalaman buruk ini, Anda bisa mengajak sang anak untuk datang ke lomba-lomba yang dimana diikuti seumuran anak Anda. Dan beri rasa percaya diri kepada dia. Bahwa anak Anda tidak perlu malu, karena anak lain bisa melakukannya. Kenapa ia tidak bisa.


3. Tidak diberi kesempatan Berinteraksi

Ketika seorang anak biasanya hanya berada didalam rumah tanpa punya teman bermain. Terutama teman seumuran. Ini bisa menjadi faktor sang anak akan menjadi anak yang sangat pemalu.


Mengapa begitu? Karena kurangnya interaksi yang ia peroleh. Akan membuat ia kebingungan begitu bertemu dengan orang / teman baru. Ia akan bingung harus berlaku seperti apa untuk bisa mempunyai teman.


Anda sebagai orang tua harus memberikan ruang untuk anak Anda berinteraksi, terutama dengan anak seumuran.


Caranya adalah dengan memasukkan anak Anda ke sekolah. Ini bisa membuat anak Anda mudah berinteraksi dengan orang lain dan tidak menjadi pemalu.


Itulah 3 poin yang bisa kami sampaikan tentang mengenali penyebab anak pemalu dan cara mengatasinya. Semoga bermanfaat. ^_^

Comments