Skip to main content

Stimulasi Tumbuh Kembang Anak dan Cara Menyampaikannya

Stimulasi Tumbuh Kembang Anak

Ahmadmarogi.com - Stimulasi tumbuh kembang anak agar buah hati Anda memiliki perkembangan dan pertumbuhan yang maksimal. Salah satu langkah yang bisa Anda lakukan adalah dengan melakukan berbagai stimulasi tumbuh kembang anak.

Karena usia anak adalah masa dimana seorang jiwa manusia tidak bisa berkembang dengan sendirinya layaknya manusia dewasa. Pada saat-saat tersebut, anak membutuhkan begitu banyak rangsangan atau stimulus positif yang akan meningkatkan perkembangannnya.

Adapun perkembangan yang ingin dicapai dari upaya stimulus yang dilakukan antara lain:

  1. Gerak kasar
  2. Gerak halus
  3. Bahasa, bicara dan kecerdasar
  4. Kepercayaan diri dan sosial.

Keempat jenis perkembangan inilah yang akan tercapai dengan melakukan stimulasi tumbuh kembang anak yang tepat. Dan beberapa hal yang bisa dikembangkan melalui stimulus antara lain:

  1. Kemampuannya dalam bergerak (motoris)
  2. Kemampuannya untuk berkomunikasi dan berbicara
  3. Kecerdasan intelegensia
  4. Kepercayaan dirinya
  5. Serta kemampuannya untuk bergaul dan bersosialisasi dengan lingkungannya.

Anda tidak akan mendapatkan penjelasan tentang berbagai jenis stimulasi pada artikel kali ini. Karena yang akan dijelaskan lebih lanjut adalah tentang bagaimana sebaiknya stimulasi tumbuh kembang anak tersebut diberikan. Berikut adalah uraiannya:

Stimulasi Tumbuh Kembang Anak

Stimulasi Tumbuh Kembang Anak

1. Lakukan dalam situasi dan kondisi yang menyenangkan bagi sang anak

Stimulasi akan lebih terserap dan menimbulkan reaksi yang lebih baik saat anak berada pada kondisi yang tenang dan nyaman. Oleh karena itu sebelum melakukan hal lainnya, sebaiknya Anda mengatur situasi dan kondisinya terlebih dahulu.

2. Berikan dengan penuh kasih sayang

Segala hal yang disampaikan dengan kasih sayang akan lebih mudah diterima dibandingkan dengan hal yang disampaikan dengan kekerasan. Oleh sebab itu agar stimulus berfungsi dengan baik, maka sampaikanlah dengan perhatian dan kasih sayang.

3. Berikan sesuai dengan patokan umurnya

Faktor yang menyebabkan adanya berbagai jenis stimulasi adalah karena kemampuan yang dimiliki anak untuk melakukan asimilasi, akomodasi, dan ekuilibrium. Agar stimulasi tumbuh kembang anak menghasilkan sesuatu yang baik, maka berikanlah jenis stimulasi yang cocok dengan umurnya.

4. Jangan terlalu memaksakan anak

Lakukan proses stimulasi secara bertahap, dan biarkan anak menikmati prosesnya. Jangan pernah sekalipun Anda terlalu memaksakan anak untuk mencapai tujuan yang Anda harapkan. Karena bukan itu yang akan didapatkan. Melainkan hanya akan membuat anak malas dan tidak mau lagi untuk melakukannya.

5. Berikan apresiasi saat anak memberikan reaksi yang baik terhadap stimulasi yang kita berikan

Tepuk tangan, pujian, dan kata sanjungan adalah hal sederhana yang akan sangat berpengaruh pada sang anak. Saat anak berhasil melakukan hal yang Anda harapkan, maka berikanlah apresiasi. Hal itu akan membuat anak berupaya lebih keras lagi saat ada stimulasi baru yang diterimanya.

Demikianlah penjelasan mengenai stimulasi tumbuh kembang anak dan cara memberikannya. Semoga bermanfaat.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar