Skip to main content

4 Cara Mengatasi Anak Hiperaktif Supaya Lebih Tenang

cara-mengatasi-anak-hiperaktif

Cara mengatasi anak hiperaktif memang cukup melelahkan. Seringkali para orang tua atau pendidik merasa kewalahan menghadapi anaknya yang hiperaktif. Mereka mencari tahu bagaimana penanganan yang efektif agar para anaknya bertingkah lebih tenang.

Anak yang didiagnosis hiperaktif digolongkan memiliki gangguan tingkah laku karena perkembangan otaknya yang tidak normal. Sehingga mereka mengalami gangguan pemusatan perhatian. Penanganannyapun membutuhkan perhatian, kesabaran, dan waktu yang lebih banyak.

Cara mengatasi anak hiperaktif ternyata lebih mudah jika dibandingkan dengan mendidik anak pendiam. Anak hiperaktif lebih mudah diketahui apa kemauannya sementara anak pendiam sering membuat orang tua bingung dengan kemauannya karena hanya diam saja karena malu untuk mengungkapnya.

Memang aktifitas pada anak hiperaktif sangat berbeda 180° dari anak–anak yang aktif pada umumnya. Motorik pada otak yang bergerak secara berlebihan akan menyebabkan anak menjadi hiperaktifitas.

Anak hiperaktif tidak bisa berkonsentrasi ketika diajak bicara ataupun hal lainnya seperti belajar saat disekolah. Para guru selalu mengeluh kesulitan dalam menangani kasus hiperaktif saat disekolah.

Untuk itu Anda harus mengetahui cara mendidik anak hiperaktif yang mudah. Orang tua harus memperhatikan dan selalu mendidik dengan baik supaya karakter hiperaktifitas pada anak lebih mudah diarahkan ke hal–hal positif saja.

Pola tingkah laku yang berlebihan pada anak hiperaktif memang seringkali membuat para orang tua jengkel. Mereka tidak nakal hanya saja tingkah lakunya berlebihan sehingga pada saat mengasuh membuat ibunya kesal karena ulah sang anak.

Kesulitan itu akan berubah menjadi mudah ketika Anda mengetahui Cara mengendalikan anak dengan hiperaktif. Berikut diuraikan beberapa tips agar para orang tua atau pendidik bisa lebih mudah menghadapi anaknya yang hiperaktif.

Cara Mengatasi Anak Hiperaktif Supaya Lebih Tenang

1. Pastikan anak mendapatkan kegiatan tambahan.

Dengan cara ini akan membuat anak untuk melampiaskan tingkah laku yang berlebihannya dengan kegiatan tambahannya. Orang tua bisa mendaftarkan anaknya ke tempat pembelajaran renang, sepak bola, ataupun basket.

Dengan melakukan olahraga tersebut tingkah hiperaktifitas akan terlampiaskan dan kesehatan sang anak tetap terjaga secara baik karena rutin berolahraga.

2. Mengajarkan anak hiperaktif untuk diam dan duduk pada saat makan.

Walaupun anak hiperaktif tingkah lakunya berlebihan orang tua harus mengajarkan untuk diam sehingga harus mengajarkan anak untuk bersikap baik.

Dengan demikian anak hiperaktif akan mengenal sopan santun dan kapan harus bersikap tenang dan kapan harus bersikap hiperaktif.

3. Membuat anak hiperaktif gembira sesuai dengan yang diinginkannya.

Bahagiakan anak hiperaktif sesuai keinginannya. Dengan catatan hal tersebut sifatnya positif dan mendidik.

Sehingga orang tua harus memastikan untuk menyenangkan anak dengan memberikan fasilitas yang mendidik seperti komputer dengan mengenalkan internet sehingga anak mampu belajar tentang teknologi.

4. Mengajak anak untuk berkomunikasi dengan baik.

Cara ini dilakukan supaya anak bisa berinteraksi dengan orang lain secara baik dan sopan tanpa memperlihatkan tingkah hiperaktifnya.

Mendidik anak hiperaktif membutuhkan sedikit kesabaran supaya perilaku berlebihannya perlahan berkurang.

Anak yang hiperaktif sedikit sulit untuk berkonsentrasi sehingga dalam mencapai prestasi di sekolah membutuhkan kesabaran.

Meskipun demikian anak hiperaktif ada yang memiliki talenta, sehingga orang tua harus mendukung talenta supaya mampu meraih kemampuannya dalam bakat tersebut.

Tahap demi tahap pembelajaran harus dilakukan secara tepat dan sesuai supaya tingkah laku hiperaktifnya tidak selalu membuat repot orang–orang disekitarnya.

Sekian artikel tentang cara mengatasi anak hiperaktif supaya lebih tenang. Dimana anak hiperaktif akan mengalami gangguan pemusatan perhatian.

Tugas para orang tua dan gurulah membuat mereka kembali berkonsentrasi. Memang penangannnya cukup sulit, tapi lakukanlah dengan sabar dan penuh perhatian. Agar gangguan pada mereka secara perlahan bisa diatasi.

Semoga bermanfaat dan terima kasih atas kunjungannya ke ahmadmarogi.com. Jika ada pertanyaan silahkan hubungi admin @contact. Sampai jumpa lagi di artikel lainnya tentang terapi anak hiperaktif untuk penyembuhan.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
-->