Skip to main content

Prospek Kerja PGSD (Pendidikan Guru Sekolah Dasar)

Prospek-Kerja-PGSD-Pendidikan-Guru-Sekolah-Dasar

Ahmadmarogi.com -Prospek kerja PGSD yang menjanjikan di masa depan bukan hanya sebagai PNS. Memang prospek guru lebih banyak diidamkan, maka tak heran lowongan kerja guru SD pada seleksi CPNS di setiap tahunnya jadi rebutan.

Mencari pekerjaan adalah salah satu fase kehidupan yang tergolong sulit, terutama bagi Anda yang baru lulus kuliah. Tak terkecuali prodi jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Tetapi bagi Anda para lulusan S1 PGSD jangan terlalu hawatir, karena sebenarnya masih banyak peluang PGSD yang tak kalah besar dalam urusan gaji.

Lulusan PGSD kerja apa? Apakah ada lowongan PGSD selain jadi guru? Ada banyak alternatif peluang kerja lulusan prodi PGSD untuk Anda selain jadi guru PNS. Di bawah diuraikan beberapa prospek kerja pendidikan guru sekolah dasar yang patut jadi pilihan.

Peluang dan Prospek Kerja PGSD

1. Membuka Les Privat dan Menjadi Tutor Bimbel

Perbandingan jumlah siswa SD di lingkungan rumah Anda pasti lebih banyak ketimbang siswa SMP dan SMA. Kondisi ini bisa dimanfaatkan. Anda para sarjana PGSD bisa membuka jasa kursus pada anak-anak di sekitar rumah. Andai saja Anda mematok harga 5000 rupiah saja perjamnya dan bisa mendapatkan lima murid. Maka, kemungkinan bisa mendapatkan 25.000 perjamnya. Jika dalam sehari bisa mengajar 3 jam saja udah lumayan bukan?

Selain membuka bimbel atau les privat sendiri, bekerja di lembaga bimbelpun cukup menggiurkan. Anda bisa bekerja di sebuah lembaga privat atau bimbel dan bertugas sebagai tutor. Peluang gajinya, Anda bisa memperoleh sekitar 2 juta sampai 5 juta perbulan.

2. Publisher (blogger atau youtuber)

Tranding work from home sedang merambah khususnya di Indonesia. Pasalnya sudah banyak orang yang membuktikan bisa menghasilkan uang meski hanya berada di rumah. Hal ini cocok bagi mereka para milenial yang melek teknologi.

Bagi para lulusan PGSD yang mempunyai skill menulis atau conten creator, menjadi seorang blogger atau youtuber bisa menjadi alternatif pilihan. Apalagi punya kemampuan bahas inggris di atas rata-rata. Ini peluang sangat besar bisa menghasilkan banyak uang.

Pada saat mahasiswa Anda sudah terbiasa menulis karya ilmiah, atau membuat vidio dokumentasi pembelajaran. Jadi pekerjaaan ini sudah tidak asing lagi. Tidak akan mendaji kendala yang serius bagi Anda yang ingin menggelutinya.

Berkaca dari gaji para internet marketer, yang bisa mencapai puluhan sampai ratusan juta perbulan dari situs blog yang sudah di pasang iklan, profesi ini layak diperhitungkan. Anda tinggal menyesuaikan konten tulisan atau vidio sesuai background kependidikan.

3. Mendirikan Yayasan

Cobalah buatlah terobosan baru, jangan terkungkung hanya menjadi abdi negara saja. Anda pun bisa membuka yayasan sendiri, karena sudah punya bekal skill dan kompetensi kependidikan dan managemennya. Cobalah ajak teman lulusan yang lain untuk bekerja sama mendirikan yayasan, karena hal ini bukan pekerjaan yang enteng. Perlu tim building yang kompak agar semuanya berjalan dengan lancar.

4. Konselor Pendidikan Sekolah Dasar

Sebagai seorang konselor Anda dapat membantu para klien dalam hal bimbingan belajar, bimbingan pribadi, bimbingan sosial, dan bimbingan karir. Background pendidikan yang Anda miliki tentu sudah cukup mumpuni dalam mengatasi masalah klien yang membutuhkan jasa konselingmu.

5. Guru SD PNS (pegawai negeri sipil)

Peluang-Kerja-PGSD-Pendidikan-Guru-Sekolah-Dasar

Prospek pekerjaan menjadi guru PNS sudah pasti menjadi idaman para lulusan PGSD. Menjadi guru adalah profesi mulia, apalagi guru PNS punya pasive income. Belum lagi adanya tunjangan dan uang pensiunan.

Status sosial yang baik, adanya jaminan kesehatan, jam kerja teratur, serta punya kesempatan andil pengabdian terhadap negara. Itulah sebagian kecil kelebihan profesi guru PNS yang menjadi primadona masyarakat Indonesia.

6. Guru SD Honorer (guru tidak tetap/ guru bantu/ guru kontrak)

Berbicara guru honorer di SD memang saat ini menjadi polemik di kalangan pendidikan. Pasalnya kebanyakan mereka hanya digaji sekitar Rp. 300.000 perbulan. Tapi jangan berkecil hati bagi Anda yang mau mengabdikan dirinya menjadi pendidik di sekolah dasar.

Sekolah dasar swasta sedang menjadi tranding pendidikan sekarang ini. Sekolah dasar islam terpadu misalnya. Di sekolah-sekolah swasta seperti ini, banyak loker guru SD dibutuhkan dan kesejahteraan para guru honorer biasanya lebih terjamin.

Mereka biasanya di gaji per jam pelajaran. Misalkan kita ambil contoh Rp. 1500/jam pelajaran. Seandainya guru mendapatkan jadwal mengajar 35 jam per minggu. Maka dalam sebulan bisa mendapatkan gaji Rp. 2.100.000, lumayan bukan?

7. Menjadi GGD (guru garis depan)

Untuk Anda yang ingin mengabdikan diri dan berjiwa sosial, bisa menjadi pilihan menjadi guru yang ditugaskan ke pelosok negeri. Dengan begitu, maka Anda sudah membantu negara dalam program pemerataan pendidikan ke daerah 3T (terdepan, terluar, dan tertinggal). Selain mendapatkan pengalam baru, Anda juga bisa mendapatkan gaji sekitar 3 juta per bulan.

8. Menjadi guru SILN

Apa itu guru SILN? Istilah SILN adalah singkatan dari sekolah indonesia luar negeri, jadi guru yang ditugaskan untuk mendidik anak-anak indonesia yang berdomisili di luar negeri. Selain bisa sekalian traveling, masalah gajipun tergolong cukup menggiurkan, guru SILN biasanya mendapatkan upah yang cukup tinggi (sekitar 10 jutaan ke-atas).

Nah, itulah beberapa peluang dan prospek kerja lulusan kuliah jurusan PGSD yang bisa Anda coba. Ternyata benar, masih banyak peluang bagi mereka para sarjana pendidikan guru SD. Semoga pemaparan prospek PGSD di atas bisa memberikan pencerahan, dan memberi Anda peluang untuk menentukan profesi di masa depan.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar