Skip to main content

Apa Saja Contoh Profil Sekolah SD 2020 yang Benar?

Contoh Profil Sekolah SD 2020

Berbagai macam contoh profil sekolah SD 2020 bisa Anda lihat di mesin pencari Google, baik berupa format tulisan, video atau foto. Ini semua bertujuan untuk menginformasikan sejarah hingga fasilitas yang tersedia di dalamnya.

Mengapa Profil Sekolah SD Harus Dibuat?

Pada era sekarang, setiap sekolah harus membuat profil untuk mempublikasikan identitas diri kepada masyarakat luas. Hal ini guna memberikan informasi tentang fasilitas apa saja yang tersedia di SD tersebut, sehingga tidak ragu saat mendaftarkan anaknya. Alasan lainnya yaitu:

1.  Menggali Informasi Sekolah

Bagi orang tua yang ingin memasukkan anak atau adik ke SD, maka penting untuk mengetahui secara detail informasi sekolah. Apalagi di saat ini, penerimaan murid baru menggunakan sistem zonasi. Jadi perhatikan dulu alamat jelasnya lalu sesuaikan dengan jarak rumah.

Maka dari itu, profil sekolah ini sangat penting bagi masyarakat untuk mengetahui latar belakang SD yang akan menjadi tempat belajar anak-anaknya. Sehingga, setiap sekolah harus membuat dan mencantumkannya di website masing-masing.

Contoh Profil Sekolah SD 2020

2.  Untuk Kelengkapan Website

Setiap SD pasti memiliki website resmi, nantinya digunakan untuk memberikan informasi terbaru tentang sekolah termasuk PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru). Selain itu, juga dapat dipakai guna menampilkan prestasi-prestasi siswa yang pernah diraih.

Website ini harus dilengkapi dengan catatan profil. Hal ini bertujuan untuk membuat orang yang membukanya, dapat mengetahui secara detail identitas sekolah, alamat (bisa berupa Google Map) dan fasilitas di dalamnya.

3.  Untuk Promosi Sekolah

Pembuatan profil ini juga bertujuan untuk memperkenalkan diri kepada masyarakat, tentang fasilitas apa saja yang tersedia. Hal ini untuk menarik antusiasme wali murid agar berminat memasukkan anaknya ke SD tersebut.

Selain itu, catatan profil ini dibuat untuk mempromosikan akreditas yang telah diraih. Sehingga bagi para wali murid, tidak meragukan kelayakan pendidikan dan kualitas tenaga pengajar dari sekolah SD tersebut.

4.  Melihat Perkembangan Sekolah

Di dalam profil sekolah, juga terdapat keterangan jejang akreditas. Sehingga bisa dilihat oleh masyarakat bagaimana perkembangan SD tersebut, dari dulu hingga sekarang. Dengan begitu, dapat diketahui juga seberapa besar prestasi yang sudah diukir hingga mendapat pengakuan.

Akreditasi ini mempengaruhi kurikulum dan kualitas tenaga pengajar yang ada di SD tersebut, maka biasanya kebanyakan orang tua siswa melihat hal itu sebagai acuan dalam memilih sekolah untuk anaknya.

5.  Sebagai Verifikasi Dinas Pendidikan 

Dinas Pendidikan (Dindik), meminta profil setiap sekolah sebagai database untuk mengetahui perkembangan SD di seluruh Indonesia. Hal ini dilakukan paling sedikit dua kali setahun, jadi setiap lembaga harus melapor pembaharuan secara berkala.

Ini juga berkaitan dengan pembaharuan data pengajar dan siswa mutasi. Di jawa timur, Dindik sudah mencanangkan pelaporan teratur terkait pindahan dan nilai tiap murid untuk database. Hal ini menghindari hilangnya data jika sekolah mengalami musibah seperti kebakaran ataupun banjir.

Isi dari Profil Sekolah SD 

Dalam profil sekolah ada beberapa hal yang wajib tercantum di dalamnya agar semua orang dapat memperoleh informasi tentang SD tempat anaknya akan didaftarkan. Sehingga orang tua siswa bisa dengan mudah menyesuaikan dengan kondisi putra mereka. Berikut beberapa isi contoh profil sekolah SD 2020 yang benar:

1.  Terdapat Identitas SD

Profil SD haruslah berisi identitas lengkap yang meliputi NSS (Nomor Statistik Sekolah), ini dibuat oleh Badan Pusat Statistik sebagai penunjuk posisi persis dari bangunan. Kemudian nama lembaga, kapan berdirinya, status (negeri atau swasta) dan jenjang akreditas pada saat itu.

Selain itu, jangan lupa cantumkan nama kepsek dan yayasan jika merupakan lembaga swasta. NPSN (Nomor Pokok Sekolah Nasional), alamat, email, nomor telepon, luas bangunan, juga penting untuk ditambahkan.

Contoh Profil Sekolah SD 2020

2.  Letak Geografis Sekolah

Untuk menggambarkan tentang letak geografis, bisa dijelaskan dengan menggambarkan batas-batas bangunan dilihat dari sebelah barat, utara, timur dan selatannya. Bisa juga Anda tambahkan denah yang menerangkan banyaknya ruangan dan fasilitas.

Letak geografis sekolah dapat digambarkan menggunakan Google Map. Karena, di zaman sekarang ini kebanyakan orang sudah menggunakan gadget, mungkin dengan begini bisa langsung diakses dengan mudah.

3.  Visi dan Misi Sekolah

Dalam catatan profil, pencantuman visi dan misi sekolah juga perlu. Karena dengan begitu, semua masyarakat jadi mengetahui cita-cita dan gagasan apa saja yang akan dilakukan dalam waktu dekat. Dari sinilah, orang tua siswa bisa menilai reputasi dari SD tersebut.

Dalam visi dan misi, dicantumkan juga bagaimana langkah-langkah membangun reputasi sekolah, agar lebih dipercaya dalam mendidik dan memberikan fasilitas kepada siswa-siswanya. Baik dari segi kurikulum hingga tenaga pengajar.

4.  Struktur Organisasi Sekolah

Pencantuman struktur organisasi ini bertujuan untuk mengetahui siapa saja yang berperan dalam pengembangan sekolah. Dan juga, seberapa banyak tenaga pengajar juga staf ikut serta dalam peningkatan mutu SD kedepannya.

Kemudian, hal ini juga dapat mempermudah pihak walimurid terkati jadwal pendaftaran maupun info lainnya. Seingga, jika mereka memiliki kepentingan, dapat langsung menghubungi orang terkait.

5.  Kurikulum Pembelajaran

Pada profil sekolah hal ini juga harus dicantumkan, untuk memberi informasi kepada masyarakat luas tentang sistem pembelajaran yang digunakan. Sehingga, orang tua siswa dapat mempersiapkan anaknya untuk mampu mengikuti ketentuan kurikulum.

Di tahun 2020 ini, kurikulum setiap sekolah mulai seragam yaitu menggunakan K13. Ini dimulai dari tahun 2013, penerapannya dilakukan secara bertahap. Sehingga pada saat sekarang, semua tingkat kelas sudah mampu mengikuti sistem pembelajaran tersebut.

6.  Data Peserta Didik SD

Mengapa data siswa dicantumkan pada profil sekolah? Karena dengan begitu, orang tua murid dapat mengetahui jumlah rombongan belajar yang terbentuk. Maka langsung dapat disimpulkan, seberapa besar daya tampung dari SD tersebut.

Jika dalam suatu sekolah jumlah siswa yang tercatat menjadi peserta didik cukup banyak, maka bisa dikatakan manajemen lembaga pendidikan tersebut sudah berhasil. Karena, minat dari wali murid untuk mempercayakan anaknya mengenyam pendidikan di SD tersebut cukup besar.

7.  Sarana dan Prasarana Sekolah

Untuk menunjang proses belajar mengajar, maka sarana dan prasarana harus dipenuhi dengan baik. Informasi ini juga dibutuhkan untuk menilai kualitas suatu sekolah. Karena fasilitas yang lengkap tentu memberi nilai plus dalam pemilihan SD.

Hal ini meliputi jumlah toilet, keberadaan musholah, lab komputer, perpustakaan, kantin, koperasi, banyaknya ruang kelas, ruang BK, lapangan olah raga, aula, ruang guru, lab IPA dan ruang musik. Juga disertai kondisi dari masing-masing fasilitas.

Penyajian Contoh Profil Sekolah SD 2020 agar Lebih Menarik

Pembuatan profil di zaman sekarang banyak dibuat dalam bentuk video. Tampilannya lebih menarik dibanding yang biasanya. Dengan inovasi seperti ini, membuat orang tidak bosan dalam menggali informasi sekolah dasar.

Video dibuat dengan durasi yang tidak begitu panjang hanya kisaran 20-30 menit. Maka dari itu, pengambilan gambar baik dan teks komunikatif dapat membuatnya lebih berisi walaupun waktu tayangnya tidak lama.

Konsep pengambilan gambarnya juga dibuat alur cerita runtut dan teratur tentang kehidupan sehari-hari di sekolah. Kemudian juga menampilkan semua fasilitas yang ada dan berbagai macam ekstrakulikuler.

Demikianlah tujuan dan isi dari contoh profil sekolah SD 2020 yang benar. Semoga saja ulasan di atas dapat menambah wawasan Anda, baik dalam mencari sekolah untuk anak atau kerabat maupun pembuatan website resmi lembaga pendidikan.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar