Skip to main content

Cara Mencari Alumni Siswa dengan Mudah

Cara Mencari Alumni Siswa dengan Mudah

Ahmadmarogi.com - Sering kali tekadang seseorang merasakan nostalgia dengan mengingat teman-teman lama. Apabila Anda berniat dan ingin mengetahui cara mencari alumni siswa secara online, saat ini pun bukanlah hal yang sulit, sehingga bisa memungkinkan untuk berkomunikasi kembali.

Namun cara manual (offline) juga bisa dilakukan, bahkan tingkat keberhasilannya terbilang lebih tinggi, walaupun cukup ribet dan membuang waktu ataupun tenaga.

Beberapa Cara Mencari Alumni Siswa

Cara untuk mencari alumni ini sangatlah banyak, apalagi jika Anda sedikit mengetahui mengenai informasi pribadinya maka bukan hal mustahil menemukan tanpa melalui internet sekalipun. Setidaknya terdapat 10 cara yang dapat dicoba:

1. Melalui Akun Resmi Pemerintah

Mencari daftar alumni siswa ini pun dapat Anda peroleh secara mudah tanpa mendatangi instansi terkait. Sebab, kini kemendikbud telah meluncurkan website resmi berisi daftar murid yang pernah bersekolah di tempat tersebut.

Apalagi Anda adalah salah satunya, maka tak sulit untuk mengetahuinya. Caranya yakni, hanya tingal membuka website resmi bernama “Sekolah Kita. Saat memasukinya, Anda akan diminta untuk mengisi beberapa keterangan.

Di antaranya adalah alamat sekolah, mulai dari kabupaten hinga kecamatan. Kemudian jenjang serta status instansi tersebut berupa swasta ataukah negeri. Kemudian dengan mengklik pilihan cek, maka akan langsung tertera daftar alumni yang Anda cari.

2. Menggunakan Nomor Telepon

Nomor telepon tentu bisa digunakan ketika Anda mengetahuinya. Untuk mendapatkannya bisa juga dengan menanyakan ke beberapa teman masa lalu yang lain, sehingga akan berkumpul satu persatu karena saling berbagi informasi.

Apabila telah memiliki nomor tersebut, Anda dapat dengan mudah menghubunginya kembali dan mulai bernostalgia bertanya-tanya kabar dan sebagainya. Bahkan, dengan memanfaatkannya untuk mencari di media sosial pun dapat dilakukan.

Misalnya saja dengan memasukkan nomor telepon ke Facebook, maka Anda dapat memperoleh informasi tentangnya. Sebab, kebanyakan pasti akan menggunakan nomornya untuk registrasi sehingga akan lebih mudah terhubung.

Cara Mencari Alumni Siswa dengan Mudah

3. Mencari di Media sosial

Lantas bagaimana jika tidak ada yang memiliki nomor teleponnya? Maka caranya sangat mudah, apalagi jika Anda mengetahui nama lengkapnya dengan media sosial. Namu ada satu kendala, yaitu jika orang tersebut tidak membuat akun sesuai namanya.

Walaupun begitu, hampir semua orang ketika akan membuat akun pribadi sudah pasti mencantumkan informasinya. Jika merasa masih ragu, Anda bisa melihat fotonya satu persatu kemudian mencoba mengenali.

Caranya hanya dengan mengetikkan nama legkapnya di kolom pencarian maka akan muncul, namun biasanya bukan hanya satu akun. Karena, bisa jadi banyak orang yang menggunakan nama serupa. Maka, Anda harus mengeceknya satu persatu untuk memastikan bahwa itu adalah teman Anda.

4. Nama Sekolah

Cara selanjutnya yang dapat dicoba adalah, mencari teman lama menggunakan nama sekolah. Sebab, umumnya instansi akan mencantumkan daftar alumni-alumni yang telah berhasil lulus dari situ.

Alternative ini dapat Anda coba ketika ingin mengumpulkan teman lama akan tetapi minim informasi. Apalagi jika akan mengadakan reuni, sudah pasti akan banyak daftar yang dicari. Maka, cara paling cepat dan tepat adalah melalui sekolah.

Misalya saja melalui akun sekolah di media sosial, sebab biasanya mereka akan membuatnya untuk memberikan informasi-informasi tertentu. Bisa juga dengan langsung mendatangi lokasi pedidikan terkait dan meminta informasi, akan tetapi akan sedikit susah karena memerlukan persyaratan.

5. Tempat Asal

Cara mencari alumni siswa dengan mengetahui alamat asal dia tinggal atau dilahirkan ini, sangat ampuh dan pasti berhasil. Sebab, pasti Anda akan memperoleh banyak informasi tentangnya entah melalui keluarga atau tetangga.

Kebanyakan orang akan jarang pindah dari tempat asal dia dilahirkan, bahkan kecil sekali kemungkinannya. Kalau pun Anda tidak menemukannya, bisa jadi karena ia merantau, urusan pekerjaan ataupun melanjutkan Pendidikan.

Maka, dari lokasi asal ia dilahirkan pasti akan terdapat kerabat, saudara atau bahkan tetangga yang mengetahui informasinya. Melalui cara ini, Anda dapat menanyakannya dan meminta kontak supaya dapat berkomunikasi seperti yang diinginkan.

6. Mencari di Mesin Pencarian

Google ataupun Yahoo yang merupakan mesin pencarian terbesar dan popular di kalangan banyak orang ini, dapat Anda manfaatkan untuk mencari alumni siswa. Sebab, pada dasarnya teknologi digital tersebut pasti akan menyimpan apapun terkait orang yang pernah terhubung.

Maksudnya adalah, ketika Anda menggunakan email, media sosial dan sejenisnya pasti Google maupun Yahoo akan menyimpan informasi tersebut. Apalagi di era serba digital ini, sungguh tidak mungkin tanpa terhubung dengan internet.

Caranya hampir sama ketika Anda mencari melalui media sosial, yakni hanya tinggal mengetikkan nama lengkap maka secraa otomatis akan muncul sebuah informasi. Kelemahannya tidak beda jauh, yakni ketika terdapat seseorang dengan nama sama, maka ia juga akan tampil di laman pencarian.

7. Line Find Alumni

Saat ini, line telah meluncurkan fitur uniknya berupa Line Find Alumni mulai tahun 2014 lalu. Melalui fitur yang diluncurkannya tersebut, Anda dapat dengan mudah memperoleh informasi terkait teman lama semasa kecil.

Uniknya, line ini memiliki database terkait instansi sekolah sebanyak 180.000 yang terdiri dari beberapa jenjang seperti SD, SMP dan SMA hingga unversitas. Sehingga, akan semakin memudahkan untuk mencarinya.

Pertama, tentu Anda harus memiliki aplikasi line untuk dapat membukanya. Kemudian, memilih opsi more dan klik tampilan find alumni. Dari sana, akan terdapat nama sekolah serta tahun ajaran yang dapat dipilih, maka secara otomatis akan muncul.

Apa saja Kemudahan Mencari Secara Online?

Sering kali memang kenangan semasa sekolah membuat seseorang bernostalgia hingga merasa ingin berkumpul kembali dengan teman lama. Bahkan jika kelewat “baper” bisa jadi ingin kembali ke waktu tersebut dengan suasana yang tidak jauh beda.

Memang menyenangkan, sebab berteman ketika masih sama-sama di usia pertumbuhan akan bisa membuat orang berteman secara natural tanpa memikirkan apapun. Sehingga, seringnya hal ini menjadi kenangan tidak terlupakan hingga ke masa tua sekalipun.

Mencari daftar alumni secara online tentu sangat memudahkan apalagi di era serba digital ini, sudah tentu tidak mungkin ada yang menggunakan layanan teknologi tersebut. Maka, cara yang paling direkomendasikan secara cepat dan tepat adalah melalui sistem tersebut.

Seperti Sekolah Kita, Line Find Alumni dan lain sebagainya. Sebagaimana pada fitur yang terdapat di Line ini, keunggulannya adalah apabila nama sekolah Anda tidak tercantum, maka bisa meminta kepada pihak media sosial tersebut untuk memasukannya.

Selain itu, mencari teman secara online menjadi sangat mudah karena Anda tidak hanya akan menemukan satu teman saja, akan tetapi bisa mencari hingga satu kelas bahkan lebih sekalipun. Tentu langkah ini lebih efektif daripada harus menanyakan secara satu persatu.

Cara mencari alumni siswa ini cukup banyak caranya. Terlebih, bagi Anda yang sedang meginginkan momen kebersamaan kembali dengan teman lama akan semakin dipermudahkan. Apalagi, kabanyakan orang semakin dewasa akan semakin jauh dari tempat asal ia lahir.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
-->