Bagaimana Cara Cek Data Lengkap Siswa? Berikut Informasinya!

Admin
Cara Cek Data Lengkap Siswa

Ahmadmarogi.com - Di zaman serba digital ini, berbagai macam informasi dapat diakses melalui portal online cukup dengan menggunakan internet yang tersambung ke smartphone atau PC saja. Termasuk juga untuk mengetahui data anak Anda di sekolah dasar. Namun, tidak semuanya paham bagaimana cara cek data lengkap siswa paling terkini.

Pentingnya Memantau Data Siswa

Jika Anda adalah orang tua atau guru di Sekolah Negeri maupun Swasta, sangat penting untuk terus memantau update data lengkap siswa yang telah diinput. Terutama bagi ayah bunda, mencocokan identitas pribadi anak dengan informasi dari sekolah menjadi hal wajib untuk dilakukan.

Ada beberapa alasan mengapa hal tersebut begitu penting, salah satunya adalah untuk memastikan dan memverifikasi secara mandiri. Bahwa, tidak ada kesalahan penulisan ejaan nama, keterangan tempat tanggal lahir dan info lainnya dalam data yang disimpan oleh sekolah dan dinas pendidikan setempat.

Apabila ternyata terjadi kesalahan pada informasi anak Anda dan diketahui jauh setelah siswa tersebut bersekolah, maka akan menjadi urusan panjang. Melakukan perubahan tersebut tidaklah mudah, karena data sudah disetorkan sejak murid pertama kali masuk ke dinas pendidikan wilayah hingga nasional.

Meski sudah yakin dan mantap hati saat mengisi formulir pendaftaran, namun manusia tetap tidak luput dari kesalahan. Maka dari itu, inilah mengapa melakukan pemantauan setiap data yang diberikan kepada pihak lain harus selalu benar menjadi pilihan tepat. Lalu, bagaimana cara melakukan pengecekannya?

Tempat Cek Data Siswa Se-Indonesia

Tidak semua orang tua memiliki waktu longgar untuk sesekali datang ke sekolah dan menemui wali kelas, kepala sekolah, maupun bagian tata usaha, dengan maksud menanyakan perkembangan buah hati sekaligus melakukan pemantauan data. Kini, Anda bisa melakukan hal itu di rumah saja! Bagaimana?

Dalam rangka menjadi lebih dekat dengan masyarakat, pemerintah sudah banyak mengembangkan kanal-kanal online yang berisi informasi resmi kepemerintahan. Salah satunya adalah database peserta didik di Indonesia melalui portal NISN dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Melalui portal NISN di http://www.referensi.data.kemdikbud.go.id, baik guru maupun para orang tua dan wali murid bisa dengan leluasa melakukan pemantauan dan pengecekan data peserta didik yang sudah diinput ke dalam server berskala nasional. Situs tersebut bisa diakses selama 24 jam dan saat hari libur.

Cara Cek Data Lengkap Siswa

Cara Cek Data Lengkap Siswa Melalui Portal NISN Kemdikbud

Jika ini adalah kali pertama bagi Anda untuk melakukan pengecekan data didik sekolah, bisa jadi hal tersebut beluum familiar. Ikuti panduan mudah berikut untuk dapat mengakses portal NISN dari Kemdikbud RI.

1. Masuk dengan Menggunakan Browser

Sebagaimana portal online biasanya, maka Anda memerlukan sambungan itnernet lancar dan browser untuk dapat mengakses laman NISN. Aplikasi browser yang dapat digunakan sangat banyak. Mulai dari Opera Mini, Internet Explorer, Safari, Firefox, dan Google Chrome. Pilihlah yang sesuai.

Jika Anda hendak mengakses lama NISN ini melalui smartphone atau device protabel lainnya seperti tablet, pastikan pengaturan tampilan (display) layar berbentuk landscape (tidur). Hal ini karena, layanan portal NISN akan bekerja lebih optimal pada settingan bentuk monitor seperti itu daripada portrait.

Saat membuka portal ini, sebaiknya Anda juga menutup beberapa tab atau jendela browser internet lainnya terlebih dahulu. Banyaknya data yang terkandung dalam server tersebut, kadangkala membuat kecepatan loading pencarian dan penampilan data memakan waktu hingga lebih dari satu menit.

2. Melalui Mesin Pencari

Setelah Anda membuka browser yang diinginkan, bukalah mesin pencari seperti Google, Bing, Yahoo Search, MSN, dan lain-lain sesuai kebiasaan. Jika sudah, masukkan kata kunci “Portal NISN Kemdikbud RI”. tekan enter dan tunggu proses pencarian beberapa saat.

Saat hasil telah keluar, periksa terlebih dahulu alamat yang tertera pada hasil pencarian. Pilihlah yang sesuai dengan tautan situs web portal NISN seperti di atas. Ini karena, beberapa hasil justru akan mengarahkan Anda ke laman selain yang dituju.

3. Masuk ke Laman NISN Kemdikbud

Alternatif lainnya apabila Anda tidak terbiasa mengakses mesin pencari (search engine) adalah, dengan membuka browser dan mengarahkan kursor ke kotak persegi panjang di bagian layar monitor dan mengetikkan alamat tautan portal NISN di http://www.referensi.data.kemdikbud.go.id/nisn/.

Tekan enter atau klik pada panah ke kanan untuk mulai proses masuk ke laman tersebut. Tunggu beberapa saat hingga proses loading sempurna. Jika koneksi internet sedang tidak baik, halaman ini membutuhkan waktu cukup lama untuk loading. Jangan lakukan perintah pembatalan selama proses.

4. Mencari Data Siswa dengan NISN

Setelah berhasil masuk ke laman utama NISN yang berwarna biru, lihat pada kolom bagian kiri bertuliskan “Pencarian NISN”. Masukkan nomor siswa atau anak Anda sesuai dengan yang ter-registrasi di Sekolahan. Kemudian, isi nama Ibu Kandung sesuai akta kelahiran murid. Pastikan tidak ada salah eja huruf.

Biasanya, nomor NISN yang dimaksud dapat ditemukan di buku rapor siswa atau di tanda terima formulir pendaftaran siswa baru. Nomor tersebut diawal dengan tiga digit angka tahun lahir anak.

Setelah itu, Anda harus mengisi kode verifikasi keamanan (captha) yang berada di kotak kolom berikutnya. Jika sudah, klik gambar kaca pembesar bertuliskan Cari Data. Jika step ini gagal, jangan panik, cukup ulangi lagi hingga kode yang diinput sesuai dengan gambar, pastikan ada koneksi internet.

5. Mencari Data Siswa Berdasarkan Identitas

Cara cek data lengkap siswa bagi Anda yang saat ini justru ingin mengetahui nomor NISN anak, ada alternatif lainnya, yaitu dengan mencari data menggunakan identitas pribadi siswa. Silahkan akses laman berikut ini https://www.referensi.data.kemdikbud.go.id/nisn/index.php/Cindex/formcaribynama.

Setelah masuk ke alamat tersebut, tengok di bagian kiri di mana Anda akan diminta untuk menuliskan beberapa data pribadi anak seperti nama, tempat dan tanggal lahir, serta nama ibu kandung sesuai akta kelahiran. Jangan lupa untuk menginput kode chapta sesuai gambar tertera di box kolom berikutnya.

6. Menggunakan Data Sesuai Aturan

Setelah mengikuti kelima step di atas, kini seharusnya Anda dapat melihat secara lengkap informasi data siswa atau anak di database online tersebut. Gunakan data-data ini secara bertanggungjawab. Jika perlu, catatlah hal-hal penting di dalam buku khusus. Beberapa bagian yang harus diperhatikan adalah:

  • Pastikan nama anak atau siswa sudah benar sesuai dengan ejaan tertera di akta kelahiran.
  • Pastikan tempat dan tanggal lahir anak atau siswa tidak terdapat kesalahan.
  • Pastikan kembali tiga digit pertama angka NISN merupaka tahun lahir anak atau siswa.
  • Jika didapati ada kesalahan data, Anda harus segera melapor ke pihak Sekolah atau ke dinas pendidikan setempat.

Sekarang, Anda sudah tahu bagaimana cara cek data lengkap siswa melalui portal NISN resmi dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Jangan lupa untuk sebarkan informasi positif ini kepada sanak saudara dan kerabat yang membutuhkan.

Comments