Bank Soal kelas 3 SD K13: Bahasa Indonesia, Matematika dan IPA

Admin
Bank Soal kelas 3 SD K13: Bahasa Indonesia, Matematika dan IPA

Ahmadmarogi.com - Kurikulum 2013 saat ini memang melatih siswa untuk mandiri dan belajar terbiasa menyelesaikan permasalahan sendiri, tidak terkecuali untuk anak Sekolah Dasar. Maka dari itu, mereka butuh mempelajari bank soal kelas 3 SD K13 yang terdiri dari berbagai cara menggali kemampuan.

Bank Soal kelas 3 SD K13 Bahasa Indonesia

Pelajaran yang terlihat mudah secara sekilas memang Bahasa Indonesia, karena orang biasa berpikir sudah dijumpai dan digunakan sehari-hari. Padahal, untuk mengerjakannya perlu pemahaman dan konsentrasi tinggi sebab memainkan kemampuan nalar. Untuk contohnya yaitu:

1. Unsur-Unsur Cerita Anak

Dalam mempelajari cerita anak, memiliki karakteristik yang mendukung disebut sebagai unsur intrinsik. Seperti tokoh, sifat tokoh, tema, latar yang digunakan dalam cerita, alurnya hingga pesan cerita yang disampaikan oleh penulis.

Hal yang paling sering digunakan yaitu memberitahu watak atau sifat tokoh dalam cerita. Contoh soal: Kelinci bertemu siput, ia menantang lomba berlari. Kelinci mengatakan bahwa siput pasti kalah melawan dirinya dan Siput tersenyum. Karena watak kelinci yang sombong.

2. Pengalaman Mengesankan

Setiap anak pasti pernah berada di suatu peristiwa dan bisa jadi mengesankan untuk selalu diingat. Misalnya, pengalaman itu sifatnya menyenangkan, menyedihkan, menakutkan dan sebagainya. Dalam menulisnya pun membutuhkan langkah-langkah. Seperti memilih topik, serta menulis pokok-pokok cerita.

Contoh soal esai: Coba tuliskan pengalaman mengesankan selama masa liburan akhir pekan kemarin. Susun secara runtut dan menarik.

3. Cara Membuat Sesuatu

Bank soal kelas 3 SD K13 berikutnya masih di bidang Bahasa Indonesia ini mengajarkan siswa untuk bisa menebak langkah-langkah pembuatan yang sudah dijabarkan. Selain untuk melatih kemampuan pemahaman, namun juga menambah wawasan dalam membuat sebuah karya yang ada dalam soal.

Contoh soal: 1. Siapkan kain flanel, gunting, jarum dan benang, 2. Gunting flanel sesuai bentuk yang diinginkan, 3. Jahit pinggiran kain dan masukkan dakron kemudian jahit lagi, 4. Pasang gantungan. Petunjuk tersebut merupakan cara membuat gantungan kunci.

4. Memberi Saran

Pelajaran selanjutnya dalam Bahasa Indonesia yaitu, melatih siswa untuk dapat menemukan solusi permasalahan orang lain, memiliki rasa empati dan simpati, serta menunjukkan kepedulian dengan memberikan saran.

Contoh soal: Andi selalu terlupa membawa kotak pensil ke sekolah. Saran yang tepat untuk Andi adalah meletakkan kotak pensil untuk selalu berada dalam tasnya.

5. Tanda Baca

Salah satu hal penting dalam penulisan adalah tanda baca. Seperti tanda seru digunakan untuk kalimat perintah, tanda tanya untuk mengucapkan kalimat tanya, sedangkan tanda titik diletakkan di akhir kalimat dan beberapa tanda baca lainnya.

Contoh soal: Kalimat yang menggunakan tanda seru tepat adalah? Jawabannya: Sinta, tolong ambil buku di atas meja itu!.

Bank Soal kelas 3 SD K13: Bahasa Indonesia, Matematika dan IPA

Bank Soal kelas 3 SD K13 Matematika

Matematika menjadi satu dari sekian pelajaran yang juga diwajibkan untuk dipelajari sejak dini hingga perguruan tinggi. Sebab digunakan dalam kehidupan sehari-hari, jika mata pelajaran lain bisa karena banyak membaca, tapi satu ini harus menjalankan latihan soal agar terbiasa. Sebagai contoh:

1. Pola Bilangan

Materi dasar pada pelajaran Matematika kelas 3 SD K13 ini, mengajarkan siswa untuk dapat menganalisis pola bilangan satu dengan lainnya. Seperti jarak antar bilangan atau biasa disebut dengan selisih.

Contoh soal: 2, 4, 6, 8, 10, 12. berapa jarak antar satu angka dengan lainnya pada soal di atas. Jawabannya adalah 2, karena setiap angka ditambahkan 2 setiap tingkatnya.

2. Operasi Hitung Penjumlahan

Berbicara soal matematika memang identik dengan menghitung, itu mengapa sejak kelas 3 SD bahkan kelas 1 siswa sudah diajarkan operasi hitung. Namun di kelas ini masih dasar, operasi hitung yang biasa ada di dalam bank soal kelas 3 SD K13 yaitu berbentuk ribuan, ratusan, puluhan, hingga satuan.

Contoh soal: hitunglah penjumlahan berikut ini 2.765 + 345 = 3. 110. Cara cepat dalam mengerjakan yaitu lebih mudah dengan disusun dari atas ke bawah. Lalu dijumlahkan urut mulai dari angka paling belakang.

3. Perkalian dan Pembagian

Kelas 3 SD sudah wajib saat ini untuk menghafal perkalian, meski pun perkalian adalah bentuk dari penjumlahan berulang-ulang, namun dasarnya adalah hafal dari 1 sampai 10. Sedangkan pembagian yaitu, pengurangan yang dilakukan berulang-ulang, tetapi untuk rentang 1 hingga 10.

Contoh soal : 37 x 2 = 37 + 37 = 74. Ini bukti bahwa perkalian adalah bentuk susun dari penjumlahan angka-angka. Namun, bila soal yang ada terlalu banyak bilangannya maka harus dikerjakan dengan cara susun agar lebih mudah.

4. Bab Uang

Matematika selain berhubungan dengan operasi hitung, maka juga berkaitan dengan mata uang khususnya yang ada di Indonesia. Seperti rupiah disingkat dengan Rp. Kemudian nilai pecahan yang ada di berbagai uang logam dan kertas, hingga cara penulisan uangnya.

Contoh soal: Rp 20.000,00 dibaca dengan sebutan = dua puluh ribu rupiah. Dengan begitu mengajarkan siswa untuk bisa mengerti nilai mata uang Indonesia sejak dini, ini akan berpengaruh dalam kehidupan sehari-hari seperti saat membeli jajan dan sebagainya.

5. Ukuran

Bab selanjutnya yang dibahas dalam bank soal matematika kelas 3 SD K13 yaitu, mengenai satuan ukuran. Seperti ukuran panjang, ukuran waktu, ukuran berat dan sebagainya. Fungsinya agar siswa bisa membedakan satuan setiap benda.

Contoh soal: panjang meja 1 m setara dengan 10 cm. Ini artinya siswa bisa mengerti bahwa satuan ukuran panjang tidak hanya meter, tetapi ada bentuk cm, mm dan sebagainya.

Bank Soal kelas 3 SD K13: Bahasa Indonesia, Matematika dan IPA

Bank Soal kelas 3 SD K13 IPA

Selain menguasai operasi hitung yang ada di dasar pelajaran matematika, kemudian bahasa persatuan Bahasa Indonesia, siswa juga dituntut untuk paham terhadap pengetahuan tentang alam sebagai tempat yang ditinggali. Untuk lebih jelasnya, perhatikan ulasan berikut:

1. Makhluk Hidup

Sebagai manusia, siswa juga perlu mengetahui terkait dengan makhluk hidup di bumi selain dirinya. Seperti hewan, tumbuhan dan sebagainya yang bernyawa. Juga kebutuhan mendasar atas makhluk hidup seperti makanan, minuman serta kehidupan.

Contoh soal: Sebutkan salah satu ciri dari makhluk hidup. Jawabannya: Secara umum cirinya yakni berkembang biak. Itu merupakan jawaban tepat, sebab semua makhluk yang bernyawa butuh memperbanyak keturunan untuk melanjutkan proses kehidupan.

2. Tahapan Pertumbuhan

Setiap kehidupan makhluk hidup pasti mengalami pertumbuhan maupun perkembangan. Seperti manusia yang diawali dengan proses kelahiran, tumbuhan dengan munculnya bakal buah, hewan dengan bertelur atau melahirkan.

Contoh soal: Pertumbuhan pada manusia dimulai sejak saat lahir. Ini artinya, awal pertumbuhan mulai dari penambahan tinggi badan, berat badan dan sebagainya pada manusia diawali dengan proses kelahiran terlebih dahulu.

Cukup banyak muatan-muatan lokal yang biasanya dikumpulkan dalam bank soal kelas 3 SD K13, namun untuk 3 mata pelajaran di atas disampaikan secara lebih intensif. Karena menjadi syarat kelulusan jenjang sekolah dasar melalui ujian nasional.

Comments