Skip to main content

Ketahui Kriteria Contoh Logo Sekolah Dasar Sebelum Membeli Seragam

Contoh Logo Sekolah Dasar

Semua instansi yang memiliki sifat formal, tentu mempunyai sebuah lambang untuk menunjukkan bagaimana asas, tujuan, serta makna filosofis mengenai dasar lembaga tersebut dibangun. Tidak terkecuali pada bidang pendidikan seperti halnya contoh logo sekolah dasar.

Jenis Instansi Sekolah Dasar

Sekolah Dasar atau biasa disingkat dengan SD terdiri dari dua instansi di Indonesia, yaitu Sekolah Dasar Negeri (SDN) dan Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN). Keduanya berada dalam jenjang sama yaitu berada dalam posisi pembekalan awal anak, namun bedanya adalah lembaga yang menaungi masing masing.

Sekolah Dasar Negeri bersifat umum serta berada di bawah wewenang Menteri Pendidikan, sedangkan Madrasah Ibtidaiyah (MI) dipayungi oleh Kementerian Agama Republik Indonesia. Perbedaan latar belakang ini mengakibatkan keduanya memiliki kurikulum serta logo instansi yang berbeda.

Mengenal Contoh Logo Sekolah Dasar (SD) dan Makna Filosofisnya

Dalam dunia modern yang serba canggih, seluruh anak dituntut untuk bisa mengenyam pendidikan demi memenuhi tuntutan zaman. Bahkan anjuran ini bukan lagi bersifat individual, akan tetapi regional. Sehingga tiap pemerintah daerah diharuskan menjamin generasi nya layak sekolah. Berkesinambungan dengan hal tersebut, berikut logo pendidikan SD perlu Anda pahami:

Contoh Logo Sekolah Dasar

1. Bentuk Bintang Segi Lima Serta Lambang Kelopak Bunga

Sebagai bentuk dasar sekaligus bingkai, logo Sekolah Dasar menggunakan lambang bintang persegi lima. Makna ini merujuk kepada dasar negara berupa Pancasila. Diharapkan para anak-anak didik dapat menjadi insan berkualitas akademik, sekaligus iptek dengan kepribadian mulia tersebut.
Di sisi lain, bintang persegi lima ini juga menyerupai kelopak bunga. Menandakan bahwa para generasi muda Indonesia merupakan tunas kebanggaan serta harapan bangsa. Oleh karenanya, Sekolah Dasar mempunyai kewajiban membekali mereka dengan nilai-nilai luhur demi memajukan negara.

2. Warna Dasar Coklat

Warna coklat menyerupai pigmen tanah di wilayah Indonesia yang terletak sepanjang garis khatulistiwa serta beriklim tropis. Letak geografis tersebut, membuat daerah terkait menjadi subur, gembur, serta tidak terlalu ekstrim iklim suhunya. Dengan kata lain, sudah sewajarnya anugerah ini dirawat sebaik-baiknya.

Alasan ini pula yang mendasari warna tersebut digunakan dalam logo Sekolah Dasar. Bertujuan supaya para generasi muda bangsa ini, tidak pernah lepas dari tanah air tempat mereka dilahirkan. Pendidikan serta guru wajib mengajarkan sifat nasionalisme dan patriotisme dalam diri mereka.

3. Rangkaian Tujuh Belas Butir Padi, Delapan Buah Lipatan Pita, Empat Buah Kapas serta Lima Daunnya

Apabila disatukan jumlah-jumlah tersebut menunjukkan angka 17 Agustus 1945. Tahukah Anda tanggal apakah itu? Ya benar. Bilangan tersebut merupakan hari dimana kemerdekaan bangsa Indonesia diraih dari Jepang dan Belanda, yang menjajah ketika masa dahulu setelah tertindas ratusan tahun.

Penggunaan simbol kapas dan padi menunjukkan kekayaan hasil bumi bangsa Indonesia. Adapun pita melambangkan, sebuah perayaan akan kemandirian diri negara dalam menjalankan roda pemerintahan dan rakyatnya. Diharapkan logo ini bisa melanggengkan semangat tersebut dalam pendidikan bangsa.

4. Tulisan SD

Pendidikan di Indonesia terdiri dari beberapa jenjang yaitu Sekolah Dasar (SD), kemudian Menengah Pertama (SMP) dan Akhir (Akhir). Meskipun sama-sama mendidik generasi bangsa dengan disertai ruh semangat meningkatkan kualitas akademik, tentu dibutuhkan pembeda antara ketiganya.
Oleh karenanya, diikut sertakan tulisan SD di bagian tengah atas lambang tersebut menjadi sebuah penanda, bahwa sang anak pemakai seragam ataupun pengguna sedang menempuh pendidikan sebagai seorang murid di institusi sekolah dasar.

5. Warna Merah dan Putih

Warna merah dan putih seakan-akan menjadi icon dalam berbagai macam logo institusi dalam negara Indonesia. Pasalnya, keduanya seakan sudah didaku sebagai lambang kebangsaan yang bermakna suci dan berani, sebagai mana diajarkan para pendahulu menjadi perpaduan karakter Ideal penerusnya.

Contoh logo Sekolah Dasar mengharapkan, para peserta didik dapat mulai menerapkan karakter suci serta berani tersebut dalam pribadi generasi muda sejak dini. Caranya, dengan menggunakan pendekatan praktek serta pemberian contoh yang baik dari sosok para guru pengajar mereka.

6. Bangunan Rumah

Ketika membicarakan tentang rumah, maka gambaran yang terlihat di dalamnya yaitu kenyamanan, kebahagiaan, kehangatan, keamanan, serta pembelajaran menyenangkan bersama orang orang tersayang. Demikian pula lah harapan lembaga sekolah dapat mengayomi murid-muridnya.
Rumah juga menunjukkan bahwa seorang anak sudah seharusnya berada dalam rumahnya yang disediakan oleh negara, yaitu di sekolah. Di sana, mereka akan diajari banyak hal seperti berhitung, menggambar, membaca, berbicara, olahraga dan banyak lagi tanpa harus kehilangan nuansa keluarga.

Mengenal Logo Madrasah Ibtidaiyah (MI) serta Makna Filosofis

Secara umum, logo Madrasah Ibtidaiyah ini memiliki beberapa kesamaan dengan lambang Sekolah Dasar di atas, dikarenakan kesamaan inti serta tujuan dari pendidikan mereka. Adapun perbedaan di antara keduanya, yaitu lembaga yang menaungi serta kurikulum di dalamnya.

Berikut merupakan elemen-elemen dalam contoh logo sekolah dasar Madrasah Ibtidaiyah:

  • Bentuk bintang persegi lima. Melambangkan sila pertama Ketuhanan yang Maha Esa, bahwa seluruh lapisan elemen pendidikan tersebut selalu menjalankan tugasnya berdasarkan kepada nilai tersebut.
  • 17 kuntum bunga kapas, 8 baris tulisan dalam kitab, serta 45 butir padi menunjukkan angka kemerdekaan Indonesia yang secara otomatis memulai kedaulatan pendidikan.
  • Lingkaran padi dan kapas. Kedua hasil bumi Indonesia tersebut menunjukkan kekayaan kandungan tanah negeri ini, serta bulatan yang melambangkan kemakmuran merata bagi seluruh masyarakatnya.
  • Alas kitab suci. Memiliki arti bahwa pedoman hidup manusia yang diberikan oleh agama berupa kitab suci Al-Qur’an harus selalu dijunjung tinggi serta diletakkan di tempat tertinggi.
  • Kitab suci bermakna pedoman hidup bagi para peserta didik sekaligus elemen pengajar serta segenap staf pendidikan dalam Madrasah Ibtidaiyah. Isi ajaran tersebut bukan hanya dipelajari, akan tetapi juga diterapkan dalam perilaku sehari-hari. Hal tersebut pula lah yang selalu diajarkan kepada seluruh murid-murid.
  • Tulisan Ikhlas Beramal melambangkan karakteristik sifat sekaligus tujuan dari lembaga tersebut dalam memberikan pengajaran pendidikan kepada para muridnya.
  • Perisai berbentuk segi lima sama sisi melambangkan kerukunan antar umat beragama serta toleransi tiap perbedaan pendapat yang ada, terlebih dalam ranah pendidikan. Sebab hal itu merupakan sebuah kewajaran dalam dunia akademik. 

Demikian merupakan makna filosofis dari lambang Sekolah Dasar Madrasah Ibtidaiyah. Dari namanya, tentu Anda sudah menebak bahwa lembaga ini mengajarkan nilai-nilai agama Islam lebih banyak dibandingkan SD umum.

Fungsi Penggunaan Logo Sekolah Dasar

Logo Sekolah Dasar dapat Anda temui dalam beberapa tempat, di antaranya yaitu seragam, buku acuan pengajaran, teks soal ujian, undangan administratif dan lain sebagainya. Fungsinya yaitu sebagai tanda pengenal dan bukti legalitas dokumen tersebut.

Selain itu, juga memiliki fungsi pembeda dengan seragam sekolah dengan tingkat di atasnya. Namun, memiliki ciri khas warna merah putih mirip bendera Indonesia.

Demikian penjelasan mengenai contoh logo Sekolah Dasar, mulai dari makna filosofis yang terkandung didalamnya hingga penggunaan. Semoga bermanfaat bagi Anda dalam memahami lebih jauh bagaimana pendidikan Indonesia terus berusaha memperbaiki kualitas serta efektivitasnya.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar