Cara Menemukan Perangkat Android yang Hilang


Smartphone merupakan perangkat pintar yang pastinya dimiliki oleh semua orang di masa kini, tak heran mengingat ponsel berbasis android tersebut memiliki fungsi yang sangat beragam. Tentu saja bila smartphone yang multifungsi ini hilang akan sangat merepotkan, sehingga anda perlu mengetahui cara menemukan perangkat android menggunakan fitur Temukan perangkat saya.

Dengan menggunakan fitur ini anda akan mengetahui lokasi ponsel yang hilang, cara ini pastinya patut untuk anda coba ketika smartphone yang anda miliki hilang. Apalagi smartphone tersebut memiliki data penting pekerjaan atau perusahaan, sehingga anda harus bisa menjaga privasi yang sangat vital tersebut dari tangan orang yang tidak bertanggung jawab.

Apa Itu Fitur Find My Device



Fitur Find my device atau dalam bahasa Indonesia berarti Temukan perangkat saya adalah fitur terbaru yang diperkenalkan oleh Google, dimana fitur ini bisa melacak keberadaan ponsel android yang hilang menggunakan GPS, alamat Imei, dan koneksi internet yang terhubung dalam ponsel.

Google telah menyediakan beragam fitur serta fungsi yang bisa membantu pengguna untuk menemukan perangkatnya, dimana hal tersebut didukung oleh sistem operasi android yang berbasis AI sebagai media utama atau pusat dari sistem pencarian Find my device tersebut.

Sistem pencarian perangkat ini sendiri bekerja dengan menggunakan perangkat lain sebagai media untuk melacak GPS dari ponsel yang hilang, Namun fitur ini baru bisa digunakan apabila anda sudah mengaktifkan fitur find my device pada perangkat anda yang hilang tersebut.

Cara Mengaktifkan Fitur Find My Device



Setelah anda mengetahui pentingnya fitur yang satu ini, pastinya anda wajib mengaktifkan fitur tersebut pada ponsel anda. Sehingga apabila ponsel sewaktu-waktu terselip atau hilang, maka anda bisa menemukannya menggunakan bantuan fitur Find my device tersebut. Cara mengaktifkannya bisa anda lakukan dengan melakukan langkah-langkah berikut:

  • Pertama masuk ke dalam menu pengaturan pada ponsel anda, lalu pilih security dan location.
  • Setelah itu masuklah ke menu Find my device dan klik tombol aktifkan.
  • Jangan lupa juga untuk setting location ke high accurasy.


Cara Menggunakan Fitur Find My Device



Apabila anda sudah mengaktifkan fitur Find my device pada perangkat yang hilang, maka anda sudah bisa menggunakan fitur ini untuk mencari ponsel anda tersebut. Caranya sendiri sangatlah mudah untuk anda lakukan.

  • Pertama instal aplikasi Find My Device yang bisa anda download di Play Store.
  • Kemudian masuk ke aplikasi dan isi data ponsel anda yang hilang, seperti alamat Imei, akun google, nomor telepon, dan informasi penting lainnya.
  • Terakhir klik tombol cari dan otomatis aplikasi akan memberikan data terakhir ponsel anda, baik lokasi, penggunaan wifi, ataupun perangkat tersebut aktif.


Fungsi Fitur Temukan Perangkat Saya



1. Mencari Lokasi Terakhir Smartphone

Fungsi yang ditawarkan oleh fitur Find my device memang sangatlah banyak sekali, dimana salah satu fungsi utamanya adalah mencari lokasi ponsel yang anda miliki. Disini fitur ini akan memberikan informasi lokasi terakhir ponsel anda hidup dan terlacak pada GPS, sehingga anda bisa mencari smartphone di tempat tersebut agar bisa memiliki peluang yang lebih besar untuk menemukannya.

Untuk dapat melakukan hal ini anda akan diminta masuk menggunakan akun Gmail yang tersinkronisasi dengan ponsel yang hilang, tentunya bukan hanya lokasi terakhir saja namun anda akan mendapatkan data rute, waktu, ataupun wilayah yang telah dilalui oleh smartphone anda.

Apalagi adanya fungsi map timeline akan membantu anda untuk mempersempit lokasi pencarian, fungsi ini berguna untuk melihat lokasi ponsel di tanggal tertentu saat ponsel menghilang. Tentunya anda bisa lebih mudah untuk memperkirakan tempat atau wilayah ponsel itu berada nantinya.

2. Menampilkan Penggunaan Wifi Terakhir

Selain lokasi terakhir android fitur tersebut juga bisa digunakan untuk menampilkan penggunaan wifi terakhir, dimana anda akan diberi informasi mengenai titik wifi terakhir yang digunakan. Sehingga hal ini akan mempermudah dalam proses pencarian smartphone yang hilang tersebut.

Bukan hanya tempatnya saja namun anda akan mengetahui nama dari wifi tersebut, kekuatan jaringan, hingga berapa lama penggunaannya. Dengan begini anda bisa memperkirakan lokasi ponsel android menjadi semakin jelas dan juga lebih akurat.

3. Melihat Sisa Daya Baterai

Kegunaan lainnya dari fitur yang disediakan oleh Google ini adalah dapat melihat sisa daya yang dimiliki oleh ponsel anda, hal ini sangat berguna apabila ponsel anda hilang akibat terjatuh atau terselip karena anda bisa memperkirakan batas waktu yang memungkinkan untuk mencari ponsel yang anda miliki.

Dengan mengecek daya ini anda juga bisa mengetahui ponsel anda hilang karena terjatuh, diambil orang, atau mengalami kerusakan karena kecelakaan. Dimana apabila saat anda bawa baterai masih banyak dan tiba-tiba hilang dan mati, maka kemungkinan besar ponsel telah dibawa oleh orang dan dimatikan secara sengaja.

4. Mengendalikan Ponsel dari Jarak Jauh



Kelebihan yang pastinya akan sangat membantu anda dalam menemukan ponsel adalah kendali jarak jauh, disini anda membunyikan ponsel dari jarak jauh selama kurang lebih 5 menit dengan menggunakan fitur play sound pada aplikasi Find my device. Dalam jangka waktu 5 menit ponsel akan terus berbunyi sehingga anda dapat mencarinya apabila ponsel tersebut berada di dekat anda.

Terlebih lagi anda pun bisa melakukan penguncian atau lock pada ponsel dari jarak jauh, hal ini memungkinkan anda untuk bisa memproteksi ponsel yang hilang tersebut dari tangan-tangan yang tidak bertanggung jawab.

Bahkan terdapat pula fitur yang bernama erase, fitur ini mampu menghapus semua file yang ada dalam android anda seperti akun email, file, teks, foto ataupun video sekalipun. Cara ini menjadi cara terakhir untuk melindungi data penting apabila ponsel anda memang sudah tidak memungkinkan untuk ditemukan kembali, sehingga memformat ponsel dari jarak jauh adalah pilihan yang paling tepat.

5. Dapat Menemukan Device Berbasis Android

Fungsi terakhir dari fitur Find my device ialah mampu menemukan segala jenis perangkat yang berbasis android, mulai dari smartphone, smartwatch, ataupun perangkat android lainnya. Dengan fungsi yang satu ini anda bisa menemukan ponsel yang hilang menggunakan jam tangan, begitupun sebaliknya bila smartwatch yang hilang anda bisa menemukannya melalui perangkat smartphone anda.

Tentunya dengan cara ini mencari perangkat smartphone menjadi lebih cepat dan sederhana, sehingga bila sewaktu-waktu anda mengalami kehilangan bisa dengan segera mencarinya. Hal ini juga akan berdampak pada semakin besarnya peluang untuk bisa menemukan perangkat android anda yang hilang tersebut.

Fitur dan aplikasi Temukan perangkat saya yang disediakan oleh Google memang memiliki fungsi yang sangat beragam, tak heran banyak masyarakat yang mulai menggunakan cara ini untuk mencari smartphone mereka. Oleh karena itu anda juga harus mempersiapkan fitur ini pada ponsel agar nantinya bila dibutuhkan akan sangat berguna bagi anda sendiri nantinya.

Belum ada Komentar untuk "Cara Menemukan Perangkat Android yang Hilang"

Posting Komentar