Sejarah Komputer dan Perkembanganya dari Generasi Pertama Sampai Sekarang

Sejarah Komputer dan Perkembanganya

Ahmadmarogi.com - Komputer merupakan salah satu teknologi canggih yang paling banyak digunakan di masa sekarang, mulai dari anak sekolah, mahasiswa, hingga para pekerja sekalipun membutuhkan alat yang satu ini dalam kesehariannya. Fungsinya sangat penting tersebut tentunya tidak lepas dari sejarah perkembangan komputer dari awal sampai sekarang sangat panjang di masa lampau.

Di zaman yang serba modern ini komputer menjadi teknologi yang wajib dimiliki oleh setiap orang, tak heran di Indonesia kini telah tersedia banyak sekali jenis komputer dijual. Misalnya saja PC, laptop, dan notebook.

Pengertian Komputer

Komputer sendiri dapat diartikan sebagai alat yang berfungsi untuk mengolah data, dimana data tersebut bisa berupa angka, bahasa, atau sistem pemrograman yang berbasis pada mekanisme aritmatika. Selanjutnya dari semua data yang diterima akan diolah sehingga menghasilkan sebuah informasi atau perintah tertentu.

Pada dasarnya komputer merupakan gabungan dari komponen-komponen mesin yang saling terhubung, komponen tersebut terdiri dari layar monitor, CPU, keyboard, mouse, dan printer. Dari semua komponen yang ada maka komputer bisa beroperasi secara maksimal, setiap komponen memiliki fungsi serta tugasnya masing-masing dalam menyampaikan data.

Dalam bahasa latin sendiri komputer berasal dari kata computare yang berarti menghitung, hal ini mengacu pada fungsi atau cara kerja dari alat tersebut. Secara teknologi sendiri komputer memang digunakan untuk membuat, menyimpan, dan menerjemahkan angka-angka ke dalam sebuah informasi yang akan disampaikan secara digital.

Sejarah Komputer

Sejarah awal komputer pertama kali hadir di dunia dan di cetuskan oleh ilmuwan terkenal bernama Charles Babbage pada awal abad ke-18, Ia dinobatkan sebagai bapak komputer sebagai tanda jasanya yang sangat besar dalam dunia komputer. Bahkan salah satu perusahaan besar komputer mengambil namanya sebagai nama perusahaan yaitu The Charles Babbage Foundation untuk menghargainya.

Diffefence engine No.1 merupakan cikal bakal sejarah komputer hingga terciptanya komputer di era modern sekarang, dimana mesin penghitung pertama di dunia ini ditemukan oleh Charles Babbage. Temuannya ini sering dikenal sebagai kalkulator otomatis pertama yang menjadi dasar pada setiap mesin digital di masa kini.

Sejarah Komputer dan Perkembanganya

Alat hitung otomatis ini dibuat dengan dasar tablet matematika, dimana di dalamnya terdapat berbagai operasi aritmatika yang disusun oleh Charles Babbage. Pada masa inilah perintah-perintah bahasa mulai ditemukan, seperti Purched card, memori untuk memasukkan angka, hingga hitungan-hitungan dasar pada mesin komputer yang digunakan dalam era modern sekarang ini.

Sejarah Perkembangan Generasi Komputer

1.Tabung Vakum

Hadirnya komputer secara kompleks sendiri baru ditemukan pada tahun 1946-1959, komputer zaman dahulu dibuat memakai tabung vakum sebagai bahan utamanya. Proyek yang bernama UNIAC tersebut di cetuskan oleh John Mauchly dan J. Presper Eckert, desain UNIAC ini memiliki ukuran sangat besar dengan menggunakan 18.000 tabung vakum dengan berat total mencapai 30 ton.

Bahkan mesin komputer pertama ini membutuhkan daya 140 kilo watt untuk mengoperasikannya, untuk meletakkan mesin ini saja diperlukan tempat seluas 500 m2. Tentu saja dengan ukuran sangat besar tersebut membuat generasi pertama ini juga disebut sebagai komputer terbesar yang tercatat dalam sejarah kemajuan teknologi komputer.

Namun sayangnya perkembangan komputer pertama tersebut memiliki kemampuan terbatas, mengingat belum adanya sistem efisiensi input atau output yang ada. Sistem penyimpanan data atau memori saja baru ada setelah John Von Neuman bergabung dalam proyek tersebut.

2. Transistor

Generasi kedua komputer yang biasa disebut dengan Transistor mulai digunakan pada tahun 1959 hingga 1965, dimana dinilai lebih efisien dari tabung vakum dalam hal penggunaan komponen di dalamnya. Selain itu transistor juga lebih hemat daya, bahan baku, hingga pengoperasian yang semakin mudah.

Pada generasi inilah komputer sudah digunakan secara komersial baik di instansi maupun perusahaan-perusahaan besar, hal ini disebabkan bahasa pemrograman yang dipakai sudah menggunakan kata atau simbol sehingga tidak perlu lagi menggunakan kode atau bahasa mesin yang rumit.

Sejarah Komputer dan Perkembanganya dari Generasi Pertama Sampai Sekarang

Sayangnya karena bentuk mesin yang benar-benar kompleks membuat transistor memiliki harga mahal dalam proses pembuatannya, sehingga menyebabkan kepopuleran mesin ini tidak terlalu besar. Tercatat dalam sejarah komputer transistor hanya terdapat 2 yang digunakan yaitu di California dan Washingston kala itu.

3. ICS

Intregated sircuit atau biasa disebut dengan ICS adalah komputer jenis baru yang digunakan mulai tahun 1965, jenis komputer ICS telah mengalami peningkatan pesat dari pada generasi sebelumnya. ICS sendiri telah memiliki ukuran yang hampir sama dengan ukuran komputer di zaman sekarang.

Sejarah Komputer dan Perkembanganya dari Generasi Pertama Sampai Sekarang

Pada masa itu komputer yang berbasis pada intergrasi sirkuit tersebut dibuat oleh Jack Kilby, bahkan dengan temuannya ini ia di anugerahi hadiah nobel. Generasi inilah yang mulai memperkenalkan adanya layar monitor dan keyboard sebagai alat penggerak dan penampil hasil pengolahan data pada sebuah komputer.

Kelebihan dari Intregated sircuit atau ICS ini sudah sangatlah kompleks, mulai dari biaya pembuatan yang murah, penggunaan daya sangat hemat, hingga pengoperasian komputer lebih simpel. Sehingga komputer generasi ketiga ini sudah mulai bisa digunakan oleh masyarakat secara luas.

4. Personal Computer

Di era modern ini pastinya tidak asing lagi dengan yang namanya Personal Computer, dalam Sejarah perkembangannya ini telah ada sejak tahun 1971 dan digunakan hingga sekarang. Sistem operasi komputer generasi keempat ini telah menggunakan sistem yang bernama Microprocessor, di dalamnya mengandung banyak sekali transistor yang saling terhubung satu sama lain.

Sejarah Komputer dan Perkembanganya dari Generasi Pertama Sampai Sekarang

Jenis dari komputer ini sekarang telah berkembang dengan banyak sekali jenis, seperti laptop, notebook, dan netbook. Fitur yang ditawarkan juga cenderung lebih lengkap dan canggih dari pada komputer di era sebelumnya.

Perlu anda ketahui juga bahwa berkembangnya komputer tersebut juga beriringan dengan hadirnya jaringan internet, sehingga penggunaan PC bisa menjadi semakin luas dan juga sangat beragam. Tak heran banyak dari masyarakat membeli komputer ini untuk keinginan atau kebutuhan pekerjaan sekalipun.

5. Intellegence Computer

Generasi terakhir atau bisa juga disebut sebagai generasi perkembangan komputer leptop masa depan adalah Intellegence Computer, komputer ini memang belum secara resmi digunakan di zaman sekarang. Namun di masa depan komputer berbasis AI tersebut telah dirancang dan akan memiliki manfaat lebih dalam dunia teknologi.

Sejarah Komputer dan Perkembanganya dari Generasi Pertama Sampai Sekarang

Intellegence Computer tersebut akan membawa kecerdasan buatan yang akan membuatnya dapat digunakan dalam hal apapun, semuanya telah terprogram secara rapi dan lengkap sehingga penggunanya hanya perlu mengoperasikan secara otomatis dan komputer akan bekerja dengan sendirinya.

Sejarah perkembangan komputer dari masa ke masa memang memiliki pengaruh besar dalam dunia teknologi, bukan hanya pada komputer itu sendiri namun berbagai jenis alat elektronik lainnya juga hadir akibat berkembangnya sistem operasi dalam komputer, seperti TV, radio, dan smartphone.

Demikianlah paparan perkembangan komputer dari generasi pertama sampai sekarang. Semoga bisa menambah wawasan dan khsanah keilmuan kita semua. Kehadirannya memang memberikan manfaat kemudahan bagi kehidupan khalayak manusia. maka dari itu sejarah tentang komputer ini sudah selayaknya kita ketahui dan dihargai.

Posting Komentar
Table of Contents

Memuat…