Sejarah Perkembangan Internet

Dalam era digital seperti sekarang ini internet sudah menjadi kebutuhan utama bagi setiap orang, bukan hanya anak muda saja namun anak-anak hingga orang dewasa juga membutuhkan yang namanya koneksi internet. Penggunaannya yang sangat intens di zaman sekarang ini, tidak bisa dilepaskan dari sejarah internet yang sangat panjang di masa lalu.


Adanya koneksi internet membuat kegiatan di masa kini serba mudah dan juga cepat, seperti mengirim file, membaca berita, mencari foto, dan masih banyak lagi lainnya. Peranannya yang sudah sangat melekat pada masyarakat, membuat internet berkembang dengan sangat pesat di era modern ini.

Pengertian Internet

Secara garis besar internet dapat diartikan sebagai jaringan komunikasi global, dimana di dalamnya terdapat jutaan server yang terhubung melalui jaringan komputer atau telepon. Sifatnya yang dapat menjangkau secara luas membuat jaringan ini bisa membuka batasan-batasan informasi ataupun data yang tersebar di seluruh dunia.

Kini anda bisa melihat dunia hanya dengan menatap layar ponsel atau PC saja, mulai dari foto, video, suara, teks, ataupun informasi lainnya bisa di dapatkan dalam internet. Di masa sekarang ini sendiri media yang memegang pengaruh besar di internet adalah Google, disini anda bisa menemukan segala sesuatu yang ingin anda ketahui tentang seluruh penjuru dunia.

Berdasarkan fungsinya sendiri internet memiliki pengaruh yang sangat besar pada perkembangan ilmu pengetahuan di zaman sekarang, bukan hanya itu saja namun internet juga berpengaruh pada ekonomi, sosial, politik, bahkan hingga budaya di suatu tempat tertentu.

Sejarah Internet di Indonesia


Tercatat dalam sejarah internet pertama kali diciptakan oleh Departemen pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969, kala itu tujuan utamanya adalah menghubungkan jaringan komputer di satu tempat dengan tempat lainnya. Sehingga informasi militer bisa tersebar secara merata dan tidak mudah bocor ke tangan musuh pada masa perang terjadi.

Seiring berkembangnya zaman mulai banyak negara-negara lain yang ikut berpartisipasi dalam hal jaringan komputer ini, salah satunya adalah Rusia yang meluncurkan satelit ke Kosmodrom Baykonur. Sejak saat itu internet mulai berkembang dengan sangat pesat, bahkan hingga kini internet sudah bisa dinikmati oleh seluruh masyarakat di dunia.

Di Indonesia sendiri internet pertama kali masuk sekitar tahun 1980, dimana universitas-universitas besar di Indonesia mulai menggunakan yang namanya jaringan komputer. Baru pada tahun 1990 Indonesia benar-benar mengenal internet melalui komunitas radio yang waktu itu sangat populer.

Komponen-komponen Dalam Internet


1. Alamat Domain

Dalam sebuah internet terdapat komponen-komponen yang membuatnya bisa terhubung satu sama lain, salah satunya adalah komponen yang bernama alamat domain. Alamat domain atau biasa disebut dengan WWW memiliki arti Word Wide Web adalah sistem yang memberikan informasi berbasis Hypertext Markup Language (HTML).

Sebuah bahasa pemrograman ini akan menciptakan satu kesatuan informasi yang bisa berupa teks, gambar, video, suara, dan masih banyak lagi lainnya. Biasanya untuk dapat menjangkau sebuah halaman anda perlu memasukkan alamat domain, sehingga nantinya anda bisa masuk dan mendapatkan berbagai informasi yang diinginkan.

Pada Sejarah internet WWW mulai dikenalkan pada tahun 1989, tujuannya adalah sebagai distribusi file atau informasi melalui media internet. Waktu itu pertukaran informasi menggunakan sistem Hypertext ini disajikan dalam bentuk grafik yang tersebar luas di seluruh dunia.

2. Email

Salah satu komponen yang pastinya tidak asing lagi bagi masyarakat adalah alamat Email, dimana email sendiri dapat diartikan sebagai surat atau pesan yang termuat secara elektronik. Sehingga memungkinkan untuk menulis serta mengirimnya dalam waktu yang sangat singkat, email inilah yang menggantikan peran surat pos di masa yang lampau.

Sekarang email telah berkembang dengan sangat pesat dan hampir digunakan oleh seluruh platform dalam internet, mulai dari individu, media sosial, komunitas, perusahaan, dan masih banyak lainnya menggunakan email untuk mengirim data penting baik berupa teks ataupun dokumen.

Oleh karena itulah kini email bisa didapatkan dengan sangat mudah, banyak penyedia email yang bisa digunakan seperti Gmail, Yahoo, hingga AIM Mail. Semua email tersebut bisa di jangkau dan digunakan secara gratis oleh siapapun yang memiliki jaringan internet.

3. Chatting


Berawal dari email yang digunakan untuk surat menyurat, internet telah berkembang hingga muncullah istilah Chatting. Chatting ini merupakan percakapan antara dua orang atau lebih melalui jejaring internet, dimana fungsinya tersebut hampir sama dengan email namun lebih sederhana dan memiliki fitur-fitur tambahan lainnya.

Layanan chatting tersebut telah ada pada awal internet hadir, namun baru terkenal pada tahun-tahun terakhir ini. Platform chatting terus bermunculan seperti BBM, LINE, Kakaotalk, hingga yang banyak digunakan sekarang ini adalah Whatsapp. Selain untuk berhubungan secara online chatting juga bisa digunakan untuk transfer data ringan seperti foto atau video.

Penggunaan chatting tidak hanya sebatas dalam platform tersebut saja, namun platform seperti sosial media hingga website juga telah menambahkan chatting pada sistemnya. Sehingga kini anda bisa menemukan yang namanya kolom komentar, disini anda bisa membahas hal apapun dengan jutaan orang yang juga sedang menggunakan layanan yang sama dengan anda.

4. FTP


FTP atau biasa disebut dengan File Transfer Protocol adalah komponen dalam internet yang sangat vital perannya, FTP ini berfungsi untuk mengunggah atau mendownload file dari media internet. Mulai dari teks, foto, video, suara, hingga dokumen-dokumen berupa file.

Dalam FTP sendiri terdapat data server yang saling berhubungan, setiap bagiannya bisa menerjemahkan perintah-perintah yang dikeluarkan oleh seseorang. Sehingga dengan begitu dokumen atau file bisa di transfer melalui jejaring internet, hal ini tentunya berpengaruh terhadap efektivitas dan efisiensi pengiriman data penting di zaman yang serba digital seperti sekarang ini.

Di era modern ini FTP bisa dijumpai di website atau blog yang menyediakan konten untuk di download, seperti konten musik, video menarik, fotografi, dan masih banyak lagi lainnya. FTP akan terhubung dengan penyimpanan internet yang biasanya disediakan oleh pihak tertentu.

5. Ghoper


Perpustakaan secara online adalah sebutan lain dari yang namanya Ghoper ini, dimana ia biasa digunakan untuk menemukan sesuatu hal di jejeraing internet. Biasanya anda bisa melakukan ghoper untuk mencari file-file tertentu di mesin pencarian Google.

Walaupun terkesan simpel namun Ghoper inilah yang memegang peranan penting dalam internet, secara garis besar Ghoper berfungsi sebagai distribusi, alat penyimpan, dan pencarian file melalui jaringan internet yang terhubung di seluruh wilayah dunia.

Terlepas dari Sejarah internet yang panjang di masa kini dunia online memang berkembang sangat pesat, banyak sekali manfaat serta dampak positif bagi ekonomi maupun politik suatu negara. Namun perlu diperhatikan juga bahwa penggunaan internet harus dilakukan secara bijak, apalagi untuk masyarakat yang masih belum tahu betul tentang internet seperti anak-anak.

Belum ada Komentar untuk "Sejarah Perkembangan Internet"

Posting Komentar